ETF Bitcoin Pertama Memulai Perdagangan Legal

Facebook

FacebookIndonesiaredditpinterestterhubungsuratoleh bulu

Konsep peluncuran Bitcoin Exchange-traded fund (ETF). Slovenia, 24 Desember 2018

Delapan tahun yang lalu, si kembar Winklevoss pertama kali mengajukan ETF legal (Bitcoin exchange-traded fund). Itu sudah lama sekali, dan sejak itu, SEC AS telah memblokir semua perdagangan ETF lebih lanjut. Itu telah berubah pada hari Selasa, setelah ETF Bitcoin publik pertama terdaftar di Bursa Efek New York.

Aplikasi tersebut diajukan oleh ProShares, sebuah perusahaan yang berbasis di Bethesda yang mengajukan aplikasi ETF untuk memulai trading di Bitcoin Strategy Fund. Itu adalah tanda bersejarah bagi ETF. Dana tersebut akan diperdagangkan di bawah ticker BITO dan akan melacak harga BUSD melalui kontrak berjangka di Chicago Mercantile Exchange.

Sementara itu banyak omong kosong teknis untuk investor baru dan pelanggan tetap, ini adalah langkah maju untuk jaringan Bitcoin yang pada dasarnya dapat mengubah cara pemerintah melihat Bitcoin.

Sebuah Tonggak Utama

Menurut CEO ProShares Michael Sapir, aplikasi ini merupakan tonggak sejarah besar yang dapat mengubah pendirian hukum kripto di AS untuk selamanya. ETF Bitcoin pertama setelah 8 tahun mulai diperdagangkan pada 19 Oktober. Setelah itu, tiga ETF lagi diperkirakan akan memasuki pasar dalam beberapa bulan mendatang, menambah eksposur ke kelas aset yang berkembang.

Sapir mengatakan bahwa 2021 akan diingat untuk ETF pertama yang terhubung dengan kripto. Douglas Yates dari NYSE setuju bahwa ini adalah tonggak besar bagi kripto, meskipun ia mencatat bahwa lebih banyak kemajuan harus dibuat pada produk kripto sebelum ETF dianggap serius. CEO ProShares mengatakan bahwa dana tersebut akan memberikan eksposur kepada investor crypto yang memiliki akun pialang yang tidak ingin melalui kurva pembelajaran untuk membuat akun perdagangan baru.

Peluncuran dana saham ProShares adalah hasil dari tidak ada tindakan dari SEC (Securities and Exchange Commission). Agensi telah memblokir perdagangan ETF selama lebih dari 8 tahun, mengubah nada pada cryptos minggu lalu. Gary Gensler dari SEC memutuskan bahwa agensi tersebut tidak akan memblokir perdagangan dan proposal ETF di masa depan setelah memberikan banyak pertimbangan selama musim panas. Ini bisa membuktikan momen penting untuk cryptocurrency di AS yang dapat mengubah landasan hukum selamanya.

Masih Belum Resmi

Sementara SEC secara luas diperkirakan akan mencabut larangan perdagangan ETF pada awal bulan depan, itu bisa menjadi jalan yang sulit untuk disetujui. ETF Bitcoin dianggap sebagai Cawan Suci bagi banyak orang, membuka pintu bagi investasi besar. SEC sejauh ini memblokir semua upaya, tetapi itu bisa segera berubah.

Sejauh ini, agensi telah mengutip volatilitas dan ketidakstabilan Bitcoin sebagai faktor utama di balik upaya perdagangan ETF yang diblokir. Gensler pernah menyebut pasar crypto sebagai “Wild West”, tetapi mengingat semua perubahan hukum seperti El Salvador menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, sentimen seputar Bitcoin telah mulai berubah.

Sementara perdagangan ETF tidak akan membuka pintu air untuk legalisasi Bitcoin penuh, ini adalah langkah ke arah yang benar. Ini mewakili evolusi besar dalam pergerakan menuju dana berdasarkan harga spot Bitcoin, yang pasti akan mengubah sentimen hukum seputar cryptocurrency di AS.

.